Sketsa Kehidupan

Suatu Ketika di Setasiun Kereta Api Bandung

Setting ceritanya terjadi di tahun 1964, ketika peron di setasiun kereta api Bandung masih belum seluruhnya beratap, dan ruang tunggu penumpang hanya berupa pojok sempit di ujung bangunan sebelah barat, tanpa pendingin ruangan, berjarak hanya beberapa lompatan kaki dari gudang tempat penyimpanan barang-barang kiriman.

Mas Kerempeng vs Jawara Amri

Kalah jadi abu, menang jadi arang. Setiap kali kau menerima perlakuan orang yang menyakiti hati atau mengusik rasa kehormatan diri, reaksi apa yang akan kau ekspresikan? Terkadang perasaan amarah membuatmu meluapkan reaksi yang jauh melampaui batas kewajaran, terutama bila kau menganggap dirimu terlalu terhormat untuk dilecehkan atau dipermalukan orang yang kau anggap jauh di bawahmu. Cara menghindari agar tidak bersikap begitu, sebetulnya, ialah, “just let it through…”

Terjun Payung

Sebuah kisah heroik Mayor Remi Purwaka dalam suatu operasi pembebasan Irian Barat. Di suatu malam yang kelam di bulan Agustus 1962. Jauh di wilayah pedalaman di atas rimba belantara Irian, ketika Mayor Purwaka bersama lima belas anggota pasukan payung lain diterjunkan di belakang garis pertahanan tentara musuh. Sementara di daerah pesisir pantai, tiga buah kapal mendaratkan sepasukan parakomando di Teluk Tanah Merah, wilayah yang dijaga ketat oleh Belanda. Sebuah strategi untuk menjepit.

%d bloggers like this: