Cerita Pendek

Tangis Mak Ining
Sebuah cerita pendek tulisan dadang sadkar. Mencoba berbicara tentang kehidupan Mak Ining, seorang perempuan paruh baya yang sengsara. Mak Ining adalah sosok yang mewakili sekian juta orang miskin di negeri ini, yang harus hidup dalam tekanan. Bukan hanya berasal dari arogansi pamong negeri sahaja, melainkan juga dari kesewenangan sesama masarakat secara horisontal. Siapa di antara kita yang mampu mendengar rintihan sosok seperti Mak Ining? Kau, mampukah..?
Aku Serasa Melihat Kayafas Hari Ini
Sebuah cerita pendek, ditulis oleh Dadang Sadkar, tentang sekelompok mayoritas menyerang kelompok minoritas yang mereka anggap menyimpang dalam pemahaman terhadap sebuah keyakinan. Di sini, penulis tidak memosisikan diri untuk menghakimi kelompok mana yang benar atau salah. Penulis hanya ingin mengajak merenung, bagaimana sebaiknya kita mencari kearifan dalam menyikapi perbedaan.

Lelaki dari Masa Depan
Sebuah cerita pendek, tentang pertemuan dengan seorang lelaki tua yang mengaku bahwa dirinya adalah diriku. Ia sengaja mengajak berbincang di teras belakang rumah. Di suatu petang. Ketika matahari sedang bergulir ke belakang bukit gundul menyiratkan warna jingga kemerahan di ujung langit belahan barat. Ia mengaku datang dari masa depan.

Café Rendezvous
Sebuah cerita fiksi, bercerita tentang sebuah situasi ketika sedang terdampar di Café Rendezvous, menunggu hujan reda. Sepenggal kisah tentang perjumpaan dengan seorang perempuan berparas cantik. Rambut hitam tergerai sebahu. Tubuhnya molek dengan kulit putih mulus. Namun, seperti juga matanya yang seakan menyimpan ribuan misteri, keberadaannya pun penuh diliputi teka-teki.

Sangeuk!
Carita pondok basa Sunda. Lumayan, bahan pikiraneun barudak ngora jeung génerasi kolot nu masih miboga kénéh rasa cinta kana basana sorangan. Geura, ieu saeutik cuplikanana, “Saya sih orang Sunda asli,” témbalna. “Cuman, saya engga bisa bahasa Sunda, abis dari kecil suka diajakin ngomong Indonésia melulu.Tapi kalo dengerin orang ngomong sih ngerti.”

%d bloggers like this: