Gus Dur Yang Saya Tahu

31 Dec

Semasa hidupnya, Gus Dur menampilkan peran tertentu dan memberi jasa yang sangat berharga kepada bangsa. Gus Dur telah meninggalkan keteladanan dalam membangun manusia Indonesia yang mandiri, menata bangsa dan negara, serta menawarkan alternatif-alternatif solusi atas masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini.

K. H. Abdurrahman Wahid

Kewafatan Gus Dur telah menggoreskan rasa duka. Semasa hidupnya, Gus Dur telah menampilkan peran tertentu dan memberi jasa yang sangat berharga kepada bangsa. Gus Dur telah meninggalkan keteladanan dalam membangun manusia Indonesia yang mandiri, menata bangsa dan negara, serta menawarkan alternatif-alternatif solusi atas masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini.

Sejak lama saya menganggapnya sebagai sosok seorang guru bangsa, pembela kaum minoritas dan pejuang demokrasi yang saya kagumi. Langkah-langkahnya selalu konsisten dalam menjaga dan menaungi kemajemukan. Bagi saya, Gus Dur merupakan pendorong untuk selalu mengembangkan pemikiran dalam keberagamaan, berbangsa, dan bernegara.

Banyak orang terkadang menganggap langkah dan pemikiran Gus Dur sering kontroversial. Tetapi di mata saya, ia tidak demikian. Di mata saya, langkah-langkahnya yang dianggap kontroversial itu justru menyiratkan kekonsistenan sikapnya. Penyebabnya, mungkin, bagi kebanyakan orang jalan lurus itu adalah jalan yang benar-benar lurus. Padahal nyatanya tidaklah demikian. Dalam kehidupan ini, untuk tetap berjalan di jalan lurus, kita terpaksa menempuh belokan-belokan yang terkadang tajam. Oleh karenanya, seringkali pemikiran Gus Dur tidak bisa dimengerti, akan tetapi, setelah dipikirkan lama, baru bisa dipahami.

Keluasan ilmu dan komitmen-nya terhadap supremasi sipil, jaminan kebebasan berbicara, dan pembelaan terhadap hak-hak kaum minoritas, membuatnya menjadi sosok yang sangat menonjol. Di bawah kepeloporannya, banyak tokoh-tokoh kaum muda mulai mengumpulkan kekuatan masyarakat minoritas yang semula terpinggirkan menjadi sebuah kekuatan pro-demokrasi yang konstan.

Yeni Wahid

Selama ini, kita tak banyak memiliki sosok sekelas Gus Dur. Sikapnya yang bersahaja, sederhana, dan lompatan pemikirannya yang jauh ke depan, akan sulit ditemukan pada figur tokoh lain.

Dengan kepergiannya, kita kehilangan seorang pejoang besar dan cendekiawan terkemuka. Seorang demokrat yang menempatkan agama pada tempat yang proporsional serta mengharmonisasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saya berharap, kehilangan Gus Dur akan segera tergantikan dengan munculnya tokoh lain. Terus-terang, saya menyimpan harapan agak besar pada puteri tersayangnya, Yeni Wahid.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: