Artikel Lepas

Ruang Jingga

Dulu, karya-karya sastera seperti puisi atau cerita pendek hanya bisa dibaca pada rubrik seni di majalah-majalah atau koran-koran saja. Namun dewasa ini, kita bisa menemuinya juga di media baru seperti jejaring sosial Facebook, misalnya. Dengan demikian, ruang pemublikasian karya puisi pun menjadi semakin melebar. Bahan bacaan yang tersedia juga menjadi begitu luas jadinya.

Gus Dur Yang Saya Tahu

Semasa hidupnya, Gus Dur menampilkan peran tertentu dan memberi jasa yang sangat berharga kepada bangsa. Gus Dur telah meninggalkan keteladanan dalam membangun manusia Indonesia yang mandiri, menata bangsa dan negara, serta menawarkan alternatif-alternatif solusi atas masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini.

Umar bin Khatab

Umar bin Khatab adalah Khalifah Islam kedua, menggantikan Abu Bakar. Keseluruhan masa kekhalifahannya ditebari peristiwa-peristiwa pengabdian yang luar biasa, memenuhi setiap kewajibannya untuk kesejahteraan rakyatnya. Masa kekhalifahan Umar bin Khatab adalah sebuah masa keemasan dalam sejarah Islam. Kaum Muslim merasakan banyak keberkatan di bawah seorang pemimpin yang begitu takwa dan rendah hati

Tahun Hijriyah

Sebelum zaman Islam, masyarakat Arab sudah mempergunakan kalender berdasar perhitungan peredaran bulan yang disesuaikan dengan perhitungan peredaran matahari. Para astrolog menyebutnya dengan istilah Lunisolar. Pada zaman Islam, Nabi Muhammad saw mengubah perhitungan kalender ini menjadi sepenuhnya berdasarkan peredaran bulan, sehingga sejak itu bulan-bulan dalam penanggalan Arab tak lagi identik dengan musim yang mengikuti kalender Masehi.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: